Resensi Novel Saranghaeyo karya Karumi Iyagi

SKENARIO CINTA


Judul Buku                             : Saranghaeyo (사랑해요)
Penulis                                    : Karumi Iyagi
Penerbit                                  : Zettu, cetakan I 2015
Jumlah Halaman                   : 204 Halaman

Arumi Ekowati atau yang lebih dikenal dengan nama pena Karumi Iyagi adalah Lulusan Arsitektur dari Universitas Trisakti Jakarta. Ia lahir di Jakarta pada 6 Mei. Ia amat senang menekuni hobinya melukis sepatu dan menceritakan kisah fiksi romantis Korea. Sebelumnya Arumi pernah bekerja sebagai arsitek sampai akhirnya dia memilih total sebagai penulis.
Pertama kali saya melihat novel ini, saya langsung tertarik karena dilihat dari covernya yang bergambarkan padang rumput berwarna kuning yang sangat indah serta tulisan saranghaeyo dan huruf hangulnya di bagian center covernya membuat novel ini semakin terlihat menarik,  Nam Seo Jin sebagai Cover Designer benar-benar pandai dalam menata cover novel ini. 

Dalam novel ini ada satu kalimat yang membuat saya tertarik untuk membacanya yaitu “ pada akhirnya takdirlah yang menentukan kepada siapa cinta di ucapkan”.

Novel ini menceritakan tentang Kesakit hatian, kasih tak sampai, jatuh cinta dan cinta yang terpendam. Tokoh utamanya adalah Shin Hyo Ri yang dikhianati sang tunangan yang berselingkuh dengan Sung Rae Mi ketika mereka bertemu di London karena sebuah pekerjaan dari perusahaan masing-masing. Awalnya Shin Hyo Ri ingin membuat Dong Hee kembali padanya namun usahanya percuma karena Dong Hee benar-benar telah jatuh hati kepada Rae Mi. Saat berjalan-jalan melewati daerah Dongdaemun dia bertemu dengan seorang laki-laki yang bernama Han Jae Joon, pertemuan mereka di awali dengan sangat tidak menyenangkan dan konyol. Namun seperti pepatah, bahwa “cinta menjadi benci” pun berlaku disini. Banyak hal yang mengejutkan dalam novel ini, Seperti halnya Sung Rae Mi yang ternyata adalah tunangan kakaknya jae joon yang telah meninggal dunia, tentang Jae Joon yang memendam rasa pada Rae Mi  namun tidak berani mengatakannya dan Rae Mi pun ternyata menyukai Jae Joon. Sehingga muncul kisah rumit diantara mereka semua, Jae joon yang mencintai Rae mi, Rae mi yang mencintai Jae Joon tetapi Berpacaran dengan Donghee, dan Hyori yang ingin merebut kembali Dong Hee malah jatuh cinta pada Jae Joon.  Lalu bagaimana akhirnya? Tentu saja pada akhirnya takdirlah yang menentukan kepada siapa cinta di ucapkan.

Yang saya sukai dari buku ini adalah covernya yang menarik serta halamannya yang dibingkai oleh bunga sehingga membuatnya telihat lebih cantik dan elegan, saya juga sangat menyukai dimana Karumi menjabarkan kota Seoul saat Shin Hyo Ri berjalan-jalan di daerah Dongdaemun. Dan dalam novel ini juga sangat banyak kata yang menggunakan bahasa korea lengkap dengan hangul, romanji dan arti dalam bahasa indonesia sehingga orang yang ingin mengetahui tentang korea dan suka membaca novel sangat cocok untuk membaca novel Saranghaeyo ini. 

Kekurangan novel ini tidak terlalu banyak, hanya ada beberapa kata yang di ulang-ulang serta akhir kisah yang agak gantung sehingga membuat para pembaca menjadi penasaran.          
               
Terlepas dari ketidak sempurnaan novel ini baik dari kelebihan dan kekurangannya, novel saranghaeyo sangat menarik dan telah memberikan sentuhan yang cukup apik dalam membuat perasaan pembaca terbawa kedalamnya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

Komentar

  1. Novelnya keren kok ,aku udah stok di rumah,udah dibaca juga,buat yang suka drama Korea, pasti suka sama cerita ini, pokok nya seru deh!😎

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini